Senin, 21 September 2015

Permasalahan Penelitian Pendidikan

Bismillah..
Sebelum kita melakukan penelitian khususnya penelitian dalam bidang pendidikan matematika, terlebih dahulu kita harus mengetahui permasalahan apa saja yang terjadi dari berbagai macam sudut pandang. Permasalahan-permasalahan yang terangkum disini adalah permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang mencangkup guru, siswa, dan pembelajaran matematika itu sendiri serta faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pembelajaran seperti permasalahan yang dihadapi kepala sekolah, dinas pendidikan dan orang tua. Permasalahan-permasalahan tersebut meliputi:
1.    Permasalahan yang dihadapi oleh Guru
·      Kurikulum yang diberlakukan pemerintah (Bahan ajar, pembelajaran, penilaian).
·      Kepribadian (Kompetensi) guru dalam pembelajaran, termasuk penguasaan materi.
·      Pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran yang belum tepat.
·      Adanya sertifikasi guru, mempengaruhi kinerjanya.
·      Keadaan ekonomi mempengaruhi konsentrasinya sebagai guru.
·  Kesulitan dalam mengubah sudut pandang siswa bahwa pelajaran matematika itu menyenangkan.
·      RPP dianggap merepotkan, tidak sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran yang membangkitan minat dan motivasi siswa.
·      Kesulitan dalam menyusun media pembelajaran.
·      Karakteristik siswa yang beragam atau bervariasi.
2.    Permasalahan yang dihadapi oleh Siswa
·      Pembelajaran guru yang dianggap monoton
·      Pelajaran matematika dianggap sulit
·      Belum memahami materi prasyarat sehingga kesulitan dalam memahami materi berikutnya.
·  Pemahaman terhadap buku matematika yang masih kurang karena materi dianggap terlalu abstrak.
·      Penerapan waktu 5 hari kerja membuat siswa kurang konsentrasi.
·      Fasilitas yang dimiliki siswa yang kurang memadai.
·      Dihinggapi rasa malas, kurang terlatih, dan memiliki daya juang belajar yang rendah.
·      Jadwal belajar yang padat sehingga siswa cepat merasa lelah.
·      Ketidaksiapannya dalam belajar seperti kondisi tubuh yang lemah.
3.    Permasalahan yang dihadapi oleh Kepala Sekolah
·      Jadwalnya sebagai kepala sekolah terlalu padat sehingga waktu untuk memonitor dianggapnya kurang.
·      Kurangnya kemampuan sosialisasi.
·      Kurangnya kemampuan IT.
·      Pengelolaan dana yang kuarang maksimal.
·      Pengawas sekolah yang kurang rutin memonitori.
4.    Permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan
·      Pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata.
·      Kurangnya monitoring, hanya melaksanakan tugas.
·      Dana pemerintah tidak 100% diterima.
·      Pelatihan yang kurang efektif.
5.    Permasalahan yang dihadapi oleh Orang Tua
·      Terbebani oleh biaya pendidikan.
·      Masih merasa kurang dalam memberikan fasilitas kepada anak.
·      Wawasannya sebagai orang tua yang masih kurang.
·      Terbebani oleh tuntutan anak.
·      Memiliki komunikasi yang kurang baik kepada anak.
·      Padatnya Jadwal, sehingga intensitas perhatian kepada anak menjadi kurang.
·      Keteladanan diri yang kurang baik untuk dicontoh oleh anak.
6.    Permasalahan yang dihadapi dalam Materi Pelajaran Matematika
·      Materi yang disajikan dalam matematika terkadang sulit bagi siswa untuk menggambarkannya dalam kehidupan nyata.
·      Materi di Indonesia terlalu banyak dan dalam.
·      Materi padat dan terlalu menghafal.
·      Tingkat kesulitan soal.
·   Kegunaan konsep-konsep dalam matematika terkadang masih belum diketahui oleh siswa karena konsep-konsep matematika cenderung bersifat abstrak.
7.    Permasalahan yang dihadapi dalam Proses Pembelajaran Matematika
·      Tidak adanya Apersepsi.
·      Pembelajaran belum didukung oleh media atau alat peraga.

·      Pembelajaran belum didukung perangkat seperti RPP, buku ajar, LKS/Modul, dan penilaian.

0 komentar:

Posting Komentar