Bismillah..
Sebelum kita melakukan penelitian khususnya penelitian dalam bidang
pendidikan matematika, terlebih dahulu kita harus mengetahui permasalahan apa
saja yang terjadi dari berbagai macam sudut pandang. Permasalahan-permasalahan
yang terangkum disini adalah permasalahan yang dihadapi dalam proses
pembelajaran yang mencangkup guru, siswa, dan pembelajaran matematika itu
sendiri serta faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pembelajaran seperti permasalahan
yang dihadapi kepala sekolah, dinas pendidikan dan orang tua.
Permasalahan-permasalahan tersebut meliputi:
1.
Permasalahan
yang dihadapi oleh Guru
· Kurikulum yang diberlakukan pemerintah (Bahan ajar, pembelajaran,
penilaian).
· Kepribadian (Kompetensi) guru dalam pembelajaran, termasuk
penguasaan materi.
· Pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran yang belum tepat.
· Adanya sertifikasi guru, mempengaruhi kinerjanya.
· Keadaan ekonomi mempengaruhi konsentrasinya sebagai guru.
· Kesulitan dalam mengubah sudut pandang siswa bahwa pelajaran
matematika itu menyenangkan.
· RPP dianggap merepotkan, tidak sesuai dengan pelaksanaan
pembelajaran yang membangkitan minat dan motivasi siswa.
· Kesulitan dalam menyusun media pembelajaran.
· Karakteristik siswa yang beragam atau bervariasi.
2.
Permasalahan
yang dihadapi oleh Siswa
· Pembelajaran guru yang dianggap monoton
· Pelajaran matematika dianggap sulit
· Belum memahami materi prasyarat sehingga kesulitan dalam memahami
materi berikutnya.
· Pemahaman terhadap buku matematika yang masih kurang karena materi
dianggap terlalu abstrak.
· Penerapan waktu 5 hari kerja membuat siswa kurang konsentrasi.
· Fasilitas yang dimiliki siswa yang kurang memadai.
· Dihinggapi rasa malas, kurang terlatih, dan memiliki daya juang
belajar yang rendah.
· Jadwal belajar yang padat sehingga siswa cepat merasa lelah.
· Ketidaksiapannya dalam belajar seperti kondisi tubuh yang lemah.
3.
Permasalahan
yang dihadapi oleh Kepala Sekolah
· Jadwalnya sebagai kepala sekolah terlalu padat sehingga waktu untuk
memonitor dianggapnya kurang.
· Kurangnya kemampuan sosialisasi.
· Kurangnya kemampuan IT.
· Pengelolaan dana yang kuarang maksimal.
· Pengawas sekolah yang kurang rutin memonitori.
4.
Permasalahan
yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan
· Pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata.
· Kurangnya monitoring, hanya melaksanakan tugas.
· Dana pemerintah tidak 100% diterima.
· Pelatihan yang kurang efektif.
5.
Permasalahan
yang dihadapi oleh Orang Tua
· Terbebani oleh biaya pendidikan.
· Masih merasa kurang dalam memberikan fasilitas kepada anak.
· Wawasannya sebagai orang tua yang masih kurang.
· Terbebani oleh tuntutan anak.
· Memiliki komunikasi yang kurang baik kepada anak.
· Padatnya Jadwal, sehingga intensitas perhatian kepada anak menjadi
kurang.
· Keteladanan diri yang kurang baik untuk dicontoh oleh anak.
6.
Permasalahan
yang dihadapi dalam Materi Pelajaran Matematika
· Materi yang disajikan dalam matematika terkadang sulit bagi siswa
untuk menggambarkannya dalam kehidupan nyata.
· Materi di Indonesia terlalu banyak dan dalam.
· Materi padat dan terlalu menghafal.
· Tingkat kesulitan soal.
· Kegunaan konsep-konsep dalam matematika terkadang masih belum
diketahui oleh siswa karena konsep-konsep matematika cenderung bersifat
abstrak.
7.
Permasalahan
yang dihadapi dalam Proses Pembelajaran Matematika
· Tidak adanya Apersepsi.
· Pembelajaran belum didukung oleh media atau alat peraga.
·
Pembelajaran
belum didukung perangkat seperti RPP, buku ajar, LKS/Modul, dan penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar