Senin, 07 Desember 2015

Metodologi Penelitian Pendidikan

Analisis data kualitatif
Bismillah..
Pada perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan hari Selasa, 1 Desember 2015 pukul 07.30 – 10.00 WIB di Ruang PPG 1 Lab Matematika Universitas Negeri Yogyakarta membahas tentang Analisis Data Kualitatif.
Karakteristik pendekatan kualitatif
a.    Setting alamiah atau wajar
b.    Peneliti sebagai instrumen utama
c.    Pendekatan kualitatif bersifat deskriptif
d.   Pendekatan kualitatif lebih mementingkan proses daripada hasil
e.    Analisis data secara deduktif
f.     Makna adalah esensial dalam penelitian kuantitatif
g.    Laporan bernada studi kasus
Kegiatan yang dilakukan oleh peneliti kualitatif sebagai berikut:
a.    Memasuki beberapa organisasi
b.    Menemui publik
c.    Menemui pribadi yang akan diteliti secara langsung
Teknik pengambilan sampel
o  Accidental
o  Purposive
o  Kuota sampling
o  Snowball sampling
Analisis Data
Menurut Rossman dan Rallis (1998) Analisis data merupakan proses berkelanjutan yang membutuhkan refleksi terus menerus terhadap data, mengajukan pertanyaan-pertanyaan analitis, dan menulis catatan singkat sepanjang penelitian. contohnya ketika wawancara berlangsung, peneliti sambil melakukan analisis terhadap data-data yang baru saja diperoleh dari hasil wawancara tersebut, menulis catatan-catatan kecil yang dapat dimasukkan sebagai narasi dalam laporan akhir dan memikirkan susunan laporan akhir.
Langkah-langkah dalam analisis data kualitatif sebagai berikut:
Langkah 1. Mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis. Langkah ini melibatkan transkripsi wawancara, menscanning materi, mengetik data lapangan, atau memilah-milah dan menyusun data tersebut ke dalam jenis-jenis yang berbeda tergantung pada sumber informasi.
Langkah 2. Membaca keseluruhan data.langkah pertama adlah membangun gagasan umum atas informasi yang diperoleh dan mereflekskan maknanya secara keseluruhan.pada tahap ini, para peneliti kualitatif terkadang menulis catatan-catatn khusus atau gagasan-gagasan umum tentang data yang diperoleh.
Langkah 3. Menganalisis lebih detail dengan meng-coding data. Coding merupakan proses mengolah materi/informasi menjadi segmen-segmen tulisan sebelum memaknainya (Rossman & Rallis, 1998: 171).
Langkah 4. Terapkan proses coding untuk mendeskripsikan setting, orang-orang, kategori-kategori, dan tema-tema yang akan dianalisis.
Langkah 5. Tunjukkan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan dalam laporan kualitatif.
Langkah 6. Menginterpretasikan atau memaknai data.

Sumber Referensi:
Diskusi dalam Perkuliahan Metode Penelitian Pendidikan oleh Dr. Heri Retnawati

Creswell, Jhon. W. 2009. Research design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

1 komentar:

  1. Mengapa teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling?

    BalasHapus