Analisis data kualitatif
Bismillah..
Pada perkuliahan Metodologi Penelitian
Pendidikan hari Selasa, 1 Desember 2015 pukul 07.30 – 10.00 WIB di Ruang PPG 1
Lab Matematika Universitas Negeri Yogyakarta membahas tentang Analisis Data
Kualitatif.
Karakteristik pendekatan kualitatif
a. Setting
alamiah atau wajar
b. Peneliti
sebagai instrumen utama
c. Pendekatan
kualitatif bersifat deskriptif
e. Analisis
data secara deduktif
f. Makna
adalah esensial dalam penelitian kuantitatif
g. Laporan
bernada studi kasus
Kegiatan
yang dilakukan oleh peneliti kualitatif sebagai berikut:
a. Memasuki
beberapa organisasi
b. Menemui
publik
c. Menemui
pribadi yang akan diteliti secara langsung
Teknik
pengambilan sampel
o Accidental
o Purposive
o Kuota
sampling
o Snowball
sampling
Analisis Data
Menurut Rossman dan Rallis (1998) Analisis
data merupakan proses berkelanjutan yang membutuhkan refleksi terus menerus
terhadap data, mengajukan pertanyaan-pertanyaan analitis, dan menulis catatan
singkat sepanjang penelitian. contohnya ketika wawancara berlangsung, peneliti
sambil melakukan analisis terhadap data-data yang baru saja diperoleh dari
hasil wawancara tersebut, menulis catatan-catatan kecil yang dapat dimasukkan
sebagai narasi dalam laporan akhir dan memikirkan susunan laporan akhir.
Langkah-langkah
dalam analisis data kualitatif sebagai berikut:
Langkah 1.
Mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis. Langkah ini melibatkan
transkripsi wawancara, menscanning materi, mengetik data lapangan, atau memilah-milah
dan menyusun data tersebut ke dalam jenis-jenis yang berbeda tergantung pada
sumber informasi.
Langkah 2.
Membaca keseluruhan data.langkah pertama adlah membangun gagasan umum atas
informasi yang diperoleh dan mereflekskan maknanya secara keseluruhan.pada
tahap ini, para peneliti kualitatif terkadang menulis catatan-catatn khusus atau
gagasan-gagasan umum tentang data yang diperoleh.
Langkah 3.
Menganalisis lebih detail dengan meng-coding data. Coding merupakan proses
mengolah materi/informasi menjadi segmen-segmen tulisan sebelum memaknainya
(Rossman & Rallis, 1998: 171).
Langkah 4.
Terapkan proses coding untuk mendeskripsikan setting, orang-orang,
kategori-kategori, dan tema-tema yang akan dianalisis.
Langkah 5.
Tunjukkan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan dalam laporan
kualitatif.
Langkah 6.
Menginterpretasikan atau memaknai data.
Sumber Referensi:
Diskusi dalam
Perkuliahan Metode Penelitian Pendidikan oleh Dr. Heri Retnawati
Creswell, Jhon.
W. 2009. Research design Pendekatan
Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mengapa teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling?
BalasHapus