Kajian Pustaka dan Kerangka Berpikir
Bismillah...
Pada
perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan pertemuan ke lima hari Selasa, 6
Oktober 2015 pukul 07.30 – 10.00 WIB di Ruang PPG 1 Lab Matematika Universitas
Negeri Yogyakarta membahas tentang Kajian Pustaka.
Banyak
literatur penelitian menjelaskan bahwa setelah langkah perumusan masalah
dilakukan maka tahap selanjutnya adalah melakukan kajian pustaka. Secara teknis
kajian pustaka adalah proses pendalaman, penelaahan dan pengidentifikasian
pengetahuan yang ada dalam kepustakaan (sumber bacaan, buku-buku referensi,
atau hasil penelitian lain) yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
Sumber dari kajian pustaka bisa berupa hal-hal yang sudah diketahui orang berupa
hal-hal yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan hal-hal yang belum
diketahui.
Hal-hal
yang tertulis, bersumber dari:
o
Internet, bisa berupa artikel, jurnal,
maupun buku.
o
Perpustakaan, bisa berupa artikel, buku,
maupun laporan penelitian.
Hal-hal
yang tidak tertulis contohnya dapat bersumber dari wawancara dengan sumber yang
jelas.
Contoh
judul penelitian tentang Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap HOTS
dan Karakter Siswa pada Pembelajaran Matematika. Maka kajian pustaka yang harus
dipelajari yaitu:
o
Pembelajaran Matematika
o
Problem Based Learning (PBL)
o
HOTS yang terdiri dari Analisis,
mencipta, dan cara mengukur bentuk soal
o
Karakter siswa, seperti: Bersyukur,
disiplin, dll. Terdiri dari definisi, indikator, dan bagaimana untuk mengukur
karakter tersebut.
Manfaat
dari kajian pustaka yaitu:
o
Mensintesis solusi yang bermuara pada
kerangka berpikir
o
Mengembangkan Instrumen
o
Membuat kriteria untuk riset
o
Memverifikasi hasil penelitian
Dari
kegiatan pengkajian pustaka tersebut dapat ditemukan berbagai konsep dan teori
yang dibutuhkan dalam penelitian yang akan dilaksanakan. Konsep dan teori-teori
tersebut kemudian dijadikan landasan dalam perumusan kerangka berpikir (Cik
Hasan Bisri, 1999: 40). Kerangka berpikir merupakan sintesis tentang hubungan
antar variabel yang disusun dari berbagai teori yang telah dideskripsikan.
Referensi:
Mahmud, H., Dr., M. Si.
2011. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Pustaka Setia
0 komentar:
Posting Komentar