Minggu, 11 Oktober 2015

Metodologi Penelitian Pendidikan (Pert. 5)



Kajian Pustaka dan Kerangka Berpikir

Bismillah...      
Pada perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan pertemuan ke lima hari Selasa, 6 Oktober 2015 pukul 07.30 – 10.00 WIB di Ruang PPG 1 Lab Matematika Universitas Negeri Yogyakarta membahas tentang Kajian Pustaka.
Banyak literatur penelitian menjelaskan bahwa setelah langkah perumusan masalah dilakukan maka tahap selanjutnya adalah melakukan kajian pustaka. Secara teknis kajian pustaka adalah proses pendalaman, penelaahan dan pengidentifikasian pengetahuan yang ada dalam kepustakaan (sumber bacaan, buku-buku referensi, atau hasil penelitian lain) yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Sumber dari kajian pustaka bisa berupa hal-hal yang sudah diketahui orang berupa hal-hal yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan hal-hal yang belum diketahui.
Hal-hal yang tertulis, bersumber dari:
o   Internet, bisa berupa artikel, jurnal, maupun buku.
o   Perpustakaan, bisa berupa artikel, buku, maupun laporan penelitian.
Hal-hal yang tidak tertulis contohnya dapat bersumber dari wawancara dengan sumber yang jelas.
Contoh judul penelitian tentang Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap HOTS dan Karakter Siswa pada Pembelajaran Matematika. Maka kajian pustaka yang harus dipelajari yaitu:
o   Pembelajaran Matematika
o   Problem Based Learning (PBL)
o   HOTS yang terdiri dari Analisis, mencipta, dan cara mengukur bentuk soal
o   Karakter siswa, seperti: Bersyukur, disiplin, dll. Terdiri dari definisi, indikator, dan bagaimana untuk mengukur karakter tersebut.
Manfaat dari kajian pustaka yaitu:
o   Mensintesis solusi yang bermuara pada kerangka berpikir
o   Mengembangkan Instrumen
o   Membuat kriteria untuk riset
o   Memverifikasi hasil penelitian
Dari kegiatan pengkajian pustaka tersebut dapat ditemukan berbagai konsep dan teori yang dibutuhkan dalam penelitian yang akan dilaksanakan. Konsep dan teori-teori tersebut kemudian dijadikan landasan dalam perumusan kerangka berpikir (Cik Hasan Bisri, 1999: 40). Kerangka berpikir merupakan sintesis tentang hubungan antar variabel yang disusun dari berbagai teori yang telah dideskripsikan.

Referensi:
Mahmud, H., Dr., M. Si. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

0 komentar:

Posting Komentar