Senin, 05 Oktober 2015

Metodologi Penelitian Pendidikan



Jenis-jenis Penelitian
Bismillah...

Pada perkuliahan metodologi penelitian pendidikan pertemuan keempat ini membahas tentang jenis-jenis dari penelitian dan pendekatan yang digunakan pada proses penelitian. Jenis-jenis pada penelitian antara lain sebagai berikut:
o  Penelitian Deskriptif
o  Penelitian Eksploratif, penelitian ini bertujuan untuk menemukan problematika-problematika baru dalam dunia pedidikan.
o  Penelitian Konfirmatori, penelitian ini bertujuan untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan atau suatu teori dalam bidang pendidikan.
o  Pengembangan (R & D), penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan atau teori pendidikan yang sudah ada.
o  Phenomenologi
o  Content Analysis, bertujuan untuk menganalisis isi dari penelitian.
o  Hermeneutika
Jenis-jenis penelitian yang lain
o  Penelitian Dasar atau Murni, bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru maupun teori baru. Disamping itu, dapat pula dilakukan untuk memahami mengerti, atau menjelaskan gelaja yang muncul pada suatu hal.
o  Penelitian Terapan, bertujuan untuk mengaplikasikan teori untuk memperbaiki sesuatu atau memodifikasi dengan menggunakan teori-teori yang ada.
o  Penelitian Tindakan, bertujuan untuk mencari sesuatu dasar pengetahuan praktis dalam rangka memperbaiki keadaan atau situasi yang dilakukan secara terbatas, hal ini dilakukan biasanya terhadap suatu situasi atau keadaan yang sedang berlangsung.
o  Penelitian Evaluasi, bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap pelaksanaan suatu kegiatan yang sedang dilakukan dalam rangka mencari umpan balik yang akan dijadikan dasar untuk memperbaiki sistem.
o  Penelitian Assesment, bertujuan untuk menentukan perubahan atau perbaikan perilaku individu setelah mejalani suatu treatment tertentu dalam jangka waktu tertentu dan menurut suatu program tertentu.
Adapun pendekatan-pendekatan pada penelitian adalah sebagai berikut.
o  Pendekatan Kuantitatif, bertujuan untuk menjawab permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap variabel-variabel tertentu. Penggunaan pengukuran disertai analisi secara statistik di dalam penelitian mengimplikasikan bahwa penelitian ini mengunakan metode kuantitatif.
o  Pendekatan Kualitatif, bertujuan untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam. Proses penelitian yang dimaksud antara lain melakukan pengamatan terhadap seseorang dalam kehidupan sehari-hari dan berinteraksi dengan mereka.
o  Gabungan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, penggabungan aspek-aspek paradigma kualitatif dan kuantitatif pada seluruh atau sebagian dari langkah-langkah pada penelitian

Dalam permasalahan-permasalahan yang dikaji pada pertemuan ketiga yang lalu jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut.
1.    Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir  Kritis Siswa
Jenis penelitian: Penelitian Deskriptif (Penelitian dalam rangka mendeskripsikan tentang pengaruh dari penggunaan model pembelajaran matematika)
Pendekatan penelitian: Kuantitatif, eksperimen


2.    Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berorientasi kepada Pemahaman Konsep dan Minat Siswa

Jenis penelitian: Pengembangan R & D (Penelitian untuk mengembangkan atau memperbaiki bahan ajar matematika)
Pendekatan penelitian: Kuantitatif
3.    Pengaruh Apersepsi dan Motivasi terhadap Hasil belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika.
Jenis penelitian: Penelitian Tindakan Kelas (Penelitian dalam rangka memperbaiki dan upaya untuk meningkatkan apersepsi dan motivasi terhadap siswa)
Pendekatan penelitian: Kualitatif dan kuantitatif


Sumber:
Ali, Mohamad. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: CV. Angkasa
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode & Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


2 komentar:

  1. Alasan pemilihan jenis dan pendekatan sebaiknya dijabarkan lebih detail agar pembaca dapat memahami dengan baik.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas sarannya pak, saya akan berusaha untuk memperbaikinya.

    BalasHapus