Jenis-jenis Penelitian
Bismillah...
Pada
perkuliahan metodologi penelitian pendidikan pertemuan keempat ini membahas
tentang jenis-jenis dari penelitian dan pendekatan yang digunakan pada proses
penelitian. Jenis-jenis pada penelitian antara lain sebagai berikut:
o
Penelitian Deskriptif
o
Penelitian Eksploratif, penelitian ini
bertujuan untuk menemukan problematika-problematika baru dalam dunia pedidikan.
o
Penelitian Konfirmatori, penelitian ini
bertujuan untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan atau suatu teori dalam bidang
pendidikan.
o
Pengembangan (R & D), penelitian
yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan atau teori pendidikan yang sudah
ada.
o
Phenomenologi
o
Content Analysis, bertujuan untuk
menganalisis isi dari penelitian.
Jenis-jenis
penelitian yang lain
o
Penelitian Dasar atau Murni, bertujuan
untuk menemukan pengetahuan baru maupun teori baru. Disamping itu, dapat pula
dilakukan untuk memahami mengerti, atau menjelaskan gelaja yang muncul pada
suatu hal.
o
Penelitian Terapan, bertujuan untuk
mengaplikasikan teori untuk memperbaiki sesuatu atau memodifikasi dengan
menggunakan teori-teori yang ada.
o
Penelitian Tindakan, bertujuan untuk
mencari sesuatu dasar pengetahuan praktis dalam rangka memperbaiki keadaan atau
situasi yang dilakukan secara terbatas, hal ini dilakukan biasanya terhadap
suatu situasi atau keadaan yang sedang berlangsung.
o
Penelitian Evaluasi, bertujuan untuk
melakukan penilaian terhadap pelaksanaan suatu kegiatan yang sedang dilakukan
dalam rangka mencari umpan balik yang akan dijadikan dasar untuk memperbaiki
sistem.
o
Penelitian Assesment, bertujuan untuk
menentukan perubahan atau perbaikan perilaku individu setelah mejalani suatu
treatment tertentu dalam jangka waktu tertentu dan menurut suatu program
tertentu.
Adapun pendekatan-pendekatan pada
penelitian adalah sebagai berikut.
o
Pendekatan Kuantitatif, bertujuan untuk
menjawab permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap
variabel-variabel tertentu. Penggunaan pengukuran disertai analisi secara
statistik di dalam penelitian mengimplikasikan bahwa penelitian ini mengunakan
metode kuantitatif.
o
Pendekatan Kualitatif, bertujuan untuk
menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam. Proses
penelitian yang dimaksud antara lain melakukan pengamatan terhadap seseorang
dalam kehidupan sehari-hari dan berinteraksi dengan mereka.
o
Gabungan
Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, penggabungan aspek-aspek paradigma kualitatif dan kuantitatif pada seluruh atau sebagian dari langkah-langkah
pada penelitian
Dalam permasalahan-permasalahan yang
dikaji pada pertemuan ketiga yang lalu jenis dan pendekatan penelitian yang
digunakan adalah sebagai berikut.
1. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran
Matematika terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Jenis
penelitian: Penelitian Deskriptif (Penelitian dalam rangka mendeskripsikan tentang pengaruh dari
penggunaan model pembelajaran matematika)
Pendekatan penelitian: Kuantitatif,
eksperimen
2. Pengembangan Bahan Ajar Matematika
Berorientasi kepada Pemahaman Konsep dan Minat Siswa
Jenis penelitian: Pengembangan R
& D (Penelitian untuk mengembangkan atau memperbaiki bahan ajar matematika)
Pendekatan penelitian: Kuantitatif
3. Pengaruh Apersepsi dan Motivasi terhadap Hasil
belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika.
Jenis penelitian: Penelitian Tindakan
Kelas (Penelitian dalam rangka
memperbaiki dan upaya untuk meningkatkan apersepsi dan motivasi terhadap
siswa)
Pendekatan penelitian: Kualitatif
dan kuantitatif
Sumber:
Ali, Mohamad. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: CV.
Angkasa
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode & Paradigma
Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Alasan pemilihan jenis dan pendekatan sebaiknya dijabarkan lebih detail agar pembaca dapat memahami dengan baik.
BalasHapusTerimakasih atas sarannya pak, saya akan berusaha untuk memperbaikinya.
BalasHapus